Selasa, 24 Desember 2019

FORMAT PELAPORAB PRAKERIN


.IDENTITAS SISWA PRAKERIN

Nama Siswa                             :     NADIA SAPUTRI
NIS                                          :     XXXX
Program Keahlian                    :     Pemasaran
Tempat / Tanggal Lahir                        :    
lamat Tinggal                           :    
Tempat Prakerin                      :    
Tanggal Mulai Prakerin                        :    
Penempatan                             :    
Tanggal Selesai Prakerin          :    



Makassar, ....
       Siswa


         (NADIA SAPUTRI)


IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI

Nama Perusahaan        :    
     
Jenis Usaha                  :     Perusahaan Ritel
Alamat                         :    
Nomor Telpon/Fax      :     -
Nama Direktur             :    
Nama Staf                    :    1.
                                         2. 


LEMBAR PENGESAHAN

     Lembar Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) ini disusun guna memenuhi salah satu syarat Uji Kompetensi Kejuruan dan Ujian Nasional di SMK  NEGERI 1 MAKASSAR yang di laksanakan pada semester III/IV, tahun ajaran 2019 – 2020 pada tanggal .......................... s/d ..................... Prakerin tersebut dilaksanakan di ....................................




            Kepala Instansi DU/DI                                                                 Penyusun



             ......................................                                                                  NADIA SAPUTRI
                                                                                        
                                                                          
            Ketua Prog Kompetensi BDP                                                   Pembimbing



            .......................................                                                         ......................................................

Kepala Sekolah


..................................................
   NIP.








LEMBAR PERSETUJUAN
HASIL LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 MAKASSAR
TIM PENGUJI :


Wakasek Hubinmas                             :

Ketua Program Studi                            :

Guru Pembimbing                                :



MENGETAHUI
KEPALA SMK NEGERI 1 MAKASSAR



....................................
DAFTAR ISI

IDENTITAS SISWA PRAKERIN........................................................................................................ 1
IDENTITAS DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI............................................................................ 2
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................................................... 3
LEMBAR PERSETUJUAN.................................................................................................................. 4
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... 5
KATA PENGANTAR........................................................................................................................... 6
BAB I : PENDAHULUAN
            1.1       Latar Belakang............................................................................................................ 7
            1.2       Tujuan......................................................................................................................... 7
            1.3       Kerangka Laporan....................................................................................................... 8
BAB II : PELAKSANAAN KERJA
            2.1       Struktur Organisasi Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas......................................... 10
            2.2       Bidang Pekerjaan........................................................................................................ 11
            2.3       Pemgelompokkan Departement.................................................................................. 11
BAB III : PROSES KERJA YANG DILAKSANAKAN
            3.1       Pembahasan................................................................................................................ 14
            3.2       Proses Kerja Yang Dilaksanakan............................................................................... 14
            3.3       Manfaat Yang Dirasakan............................................................................................ 16
BAB IV : PENUTUP
            4.1       Kesimpulan................................................................................................................. 17
            4.2       Kritik Dan Saran......................................................................................................... 17
            4.3       Lampiran – Lampiran................................................................................................. 18







                                                                                                                        Penulis


                                                                                                                NADIA SAPUTRI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Praktek Kerja Industri yang lebih dikenal dengan istilah PRAKERIN merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UN ( Ujian Nasional ) serta Uji Kompetensi yang dilaksanakan pada setiap SMK di akhir tahun pembelajaran. Dengan dilaksanakannya PRAKERIN maka siswa dapat mempraktikan apa yang selama ini didapatkannya di sekolah dan siswa dapat menunjukan keterampilannya di dunia kerja.

SMK NEGERI 1 MAKASSAR  mempunyai visi dan misi yang bertujuan untuk menyediakan tenaga kerja yang siap kerja, terampil dan inovatif dalam segala bidang pekerjaan. Dengan diadakannya PRAKERIN siswa dapat memahami secara jelas dan langsung aktivitas dunia usaha sehingga mampu mengimplementasikannya dalam melakukan suatu usaha ketika sudah lulus sekolah nanti dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

PRAKERIN juga dapat meminimalisir jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahunnya selalu meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Dari  pelaksanaan PRAKERIN siswa mampu mengambil pengalaman yang berharga dalam dunia usaha dan mampu bersaing nantinya.

1.2.            Tujuan dilaksanaknnya Praktik kerja Industri

a.       Untuk memenuhi syarat mengikuti UN tahun ajaran ;
b.       Untuk memenuhi syarat mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan ;
c.       Memahami karakteristik suatu perusahaan/dunia industri;
d.       Mengenal dan memahami perusahaan/dunia industri dengan segala bentuk dan kegiatannya;
e.       Melatih kemandirian bagi siswa;
f.       Menumbuhkan semangat jiwa wiraswasta bagi siswa;
g.       Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan program keahliannya dan    
          tuntutan dunia usaha / industri;
h.       Melatih dan meningkatkan etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia usaha / industri;
i.        Mengurangi kesenjangan dan ketidaksesuaian pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkaan
          di dunia usaha atau industri;
j.        Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pendidikan dan pelatihan siswa guna
          menghasilkan lulusan profesional;
k.       Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses
          pendidikan.










1.3.          Kerangka Laporan

     Pada bagian ini penulis akan menyampaikan kerangka laporan ini guna memudahkan      pembaca untuk menemukan halaman yang ingin dibaca, yaitu sebagai berikut :

BAB I
PENDAHULUAN
Pada bagian ini, penulis menyampaikan mengenai latar belakang tujuan dilaksanakannya PRAKERIN, dan kerangka laporan.
BAB II
PELAKSANAAN KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk. HYPERMART CITIMALL KUALA KAPUAS
Pada bagian ini, merupakan isi pembahasan berupa waktu dan tempat pelaksanaan PRAKERIN, sejarah singkat Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas, visi dan misi Hypermart, struktur organisasi, bidang pekerjaan, dan pengelompokkan departement.
BAB III
PROSES KERJA YANG DILAKSANAKAN
Pada bagian ini, penulis akan menjelaskan pembahasan  4P’s ( Product, Price, Place, Promotion), proses kerja yang dilaksanakan, dan manfaat yang dirasakan.
BAB IV
PENUTUP
Merupakan bagian akhir dari laporan, penulis akan memberikan kesimpulan, kritik dan saran, dan lampiran-lampiran.
BAB II
PELAKSANAAN KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk
HYPERMART CITIMALL KUALA KAPUAS

           Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Praktek Kerja Industri dilaksanakan mulai :
Tanggal                                                           : ....................... s/d
Tempat                                                            : Hypermart CitiMall Kuala Kapuas,
         Jalan Trans Kalimantan, Selat Dalam,
         Kecamatan Selat, Kabupaten Kuala Kapuas,
         Kalimantan Tengah 73516
Posisi                                                            : Departemen Elektronik

                                   

-      Sejarah Singkat Dan Perkembangan Perusahaan

Hypermart CitiMall Kuala Kapuas yang di resmikan sekaligus dilaksanakannya pemotongan pita oleh Wakil Bupati Kuala Kapuas Ir. H. Muhajirin M.P serta Grand Opening pada tanggal 21 Januari 2016.  Beralamat di Jalan Trans Kalimantan, Selat Dalam, Kec.Selat, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Merupakan salah satu dari ratusan (Kurang Lebih 110 toko) toko Hypermart yang tersebar diseluruh Indonesia. Hypermart CitiMall Kuala Kapuas memiliki luas bangunan seluas 4.800 meter persegi dan memiliki kurang lebih 70 orang karyawan yang diambil dari Putra Putri terbaik di Kabupaten Kuala Kapuas dan telah melalui proses pendidikan terlebih dahulu di Banjarmasin dan di Jakarta.

-           Visi dan Misi
a.          Visi
1.         Menjadi retailer multi format nomor 1 di Indonesia
b.         Misi
1.         Mengubah matahari food business menjadi peritel kelas dunia dengan berbagai format yang menghasilkan lebih baik dari pasar penjualan dan pertumbuhan keuntungan terus menerus
c.          Nilai-nilai yang dianut
1.         Selalu memperbaiki pelayanan kepada pelanggan dan rekan kerja
2.         Menciptakan dan mengembangkan lingkungan kerja yang bebas dari saling menyalahkan
3.         Jujur dan loyal dalam segala hal yang dikerjakan selalu berusaha melakukan perbaikan di semua tingkatan
4.         Selalu berusaha untuk terus belajar dan belajar satu sama lain
5.         Dan diatas segalanya perusahaan mengagungkan Tuhan
Itulah mengenai sejarah singkat, visi misi serta nilai-nilai yang dianut oleh PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.









2.1.            STRUKTUR ORGANISASI HYPERMART CitiMALL KUALA KAPUAS



















2.2.            BIDANG PEKERJAAN

Bidang  pekerjaan yang ada di Hypermart CitiMall terdiri dari beberapa macam, setiap orang yang berada di setiap bidang pekerjaan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab masing-masing. Berikut ini adalah bidang pekerjaan secara garis besar :

      1.      Store General Manager atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘S01’ adalah manager
toko  secara keseluruhan dan menempati kedudukan yang mempunya peran penting di toko. S01 mempunyai kewajban-kewajiban dan hak-hak tertentu yang harus dijalankan dengan baik demi mencapai apa yang diharapkan toko. Selain itu, S01 juga harus memberikan motivasi kepada bawahannya agar mereka mempunyai semangat kerja yang optimal sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tuntas.

2.      Divisi manager yaitu manager yang menempati kedudukan kedua setelah S01. Tidak jauh berbeda divisi manager pun mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus dilaksanakan. Divisi manager di Hypermart terdiri dari dua orang yaitu divisi manager GMS dan Fresh.

3.      Departement manager yaitu manager yang memiliki kedudukan kedua setelah divisi manager. Deperartement manager bertanggungjawab atas departementnya masing-masing.

4.      Team leader yaitu ketua dari beberapa staff dari department tertentu. Pada umumnya team leader terdiri dari satu sampai dua orang. Tugas team leader adalah menggerakan bawahan-bawahannya (staff) dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan.

5.      Staff adalah karyawan yang melakukan pekerjaan di area secara langsung atas bimbingan dari team leader dan department manager.

6.      SPG (Sales Promotional Girl) dan SPM (Sales Promotional Man)  adalah sales produk-produk tertentu atau orang-orang tertentu yang kerjanya difokuskan pada suatu produk agar produk tersebut bisa terjual sesuai dengan yang diharapkan. Contoh SPG atau SPM yaitu SPG Ando, SPG Homyped  dan lain-lain.

Bidang pekerjaan yang dilakukan oleh Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas beraneka ragam diantaranya sebagai berikut;
a. Divisi Groceries yang terdiri department food and drink, HBC (Health Beauty Care)
b. Divisi nonfood yang terdiri dari department Bazaar, softline, dan Elektronik.
c.  Divisi Fresh yang terdiri dari Departement Produce, Meat and Sea Food, Dairy Frozen dan Bakery.
d. Divisi Supporting yang terdiri dari Departement EDP (Entry Data Processing), Visual Merchandising (VM), Receiving, Cashier, CSO (Customer Service Office), Finance & Accounting, Administrasi Personalia, Maintenance dan Loss Prevention.

2.3.            Pengelompokan Departement

      B.     ELBASO
     a. Elektronik
     Departemen elektronik merupakan salah satu bagian dari departemen ELBASO (ELektronik, Bazaar, SOftline)  yang khusus melayani segala macam barang elektronik. Barang-barang yang ditawarkan berupa handphone, TV, AC, kipas angin, lemari, dan lain sebagainya.. Departemen Elektronik juga menyediakan layanan home delivery ( barang diantar langsung kerumah ) tanpa berbayar ataupun berbayar ( tergantung jarak rumah costumer). Biasanya, untuk barang yang besar seperti lemari es selalu diberikan nota jika kostumer ingin pelayanan home delivery sebagai tanda bukti. Didalam departement elektonik, ada tiga penggolongan barang, yaitu :
·         Big Appliance = Kulkas, mesin cuci, AC, vacuum cleaner, dsb.
·         Small Appliance = Rice cooker, kompor, blender, kipas angin, dsb.
·         Audio & Video = LED TV, DVD / CD.
     b. Bazar
·      House hold; Barang rumah tangga / perabotan
·      Furniture; Barang seperti lemari, kursi, meja, dll
·      Stationary; Perlengkapan kantor / sekolah seperti pulpen, pensil, dll
·      DIY (do it your self); Alat perkakas seperti obeng, geregaji, palu, paku, dll
·      Automotif ; Aksesoris motor / mobil
·      Toys; Mainan anak - anak
·      Sport; Alat-alat olahraga
·      Gardening; Berhubungan dengan taman, contoh pot bunga
·      Cleaning; Produk pembersih / kebersihan
           c.    Softline.
      C.    FRESH


     c.    Meat and Fish

d.     Dairy and Frozen
Dairy adalah bahan makanan yang berbasis susu, jus, cream, butter, dan yogurt. Bahan – bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan makanan atau campuran minuman karena rasanya yang gurih akan membuat suatu sajian lebih bernilai. Sedangkan Frozen adalah counter yang menawarkan produk-produk beku. Bisa dikenal sebagai Frozen Island yang berupa box pendingin besar memanjang.


BAB III
PROSES KERJA YANG DILAKSANAKAN

3.1.            Pembahasan
Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, perusahaan seperti Hypermart mengkombinasikan empat variabel yang sangat mendukung didalam menetukan strategi pemasaran, kombinasi keempat variabel itu dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion).
1.         Product (Produk)
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa)
2.         Price (Harga)
Harga adalah, Jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Setelah produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.
3.         Place (Tempat)
Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Saluran distribusi adalah, Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai
4.         Promotion (Promosi)
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
 Berdasarkan teori-teori di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah suatu kelompok komponen pemasaran yang terdiri dari 4P: productpriceplace dan promotion yang saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.

3.2.            Proses Kerja yang Dilaksanakan

1.  Departement Elektronik
           
2.  Tujuan Pekerjaan
Melakukan aktifitas kerja terkait dengan promosi barang elektronik, pengecekan barang, dan lain sebagainya.

3.   Kompetensi Teknis di Departement Elektronik
Kompetensi teknis di department Elektronik mencakup kemampuan untuk mengenali jenis elektronik, cara pengoperasian, dan bagaimana menghadapi segala pertanyaan kostumer mengenai produk elektronik yang dijual.

4.  Shedule Elektronik
Pengaturan Shifting
Jam kerja departemen Elektronik di bagi menjadi 2 shift, yaitu;
1.      Shift Pagi : 07.00 – 15.00
2.      Shift Middle : 11.00 – 19.00
3.      Shift Siang  : 14.00 – 22.00

A.       Pengenalan Departement Elektronik
       Departement Elektronik yaitu :
            a). Elektronik
               Departemen elektronik merupakan salah satu bagian dari departemen ELBASO (ELektronik, Bazaar, SOftline)  yang khusus melayani segala macam barang elektronik. Barang-barang yang ditawarkan berupa handphone, TV, AC, kipas angin, lemari, dan lain sebagainya.. Departemen Elektronik juga menyediakan layanan home delivery ( barang diantar langsung kerumah ) tanpa berbayar ataupun berbayar ( tergantung jarak rumah costumer). Biasanya, untuk barang yang besar seperti lemari es selalu diberikan nota jika kostumer ingin pelayanan home delivery sebagai tanda bukti.


Uraian Kegiatan Rutin Selama Prakerin
            Kegiatan berikut merupakan kegiatan rutin dalam departement elektronik yang dikerjakan di Hypermart CitiMall Kuala Kapuas.
·         Cleaning ( Merawat barang )
·         Update price card
·         Memasang  price card
·         Update hemat
·         Update cicilan
·         Melayani pelanggan
·         Mendisplay barang
·         Pushing out
·         Refill
·         Membuat barcode
·         Menyalakan display televisi
            Kegiatan diatas merupakan kegiatan rutin yang dikerjakan selama prakerin di departement elektronik Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas. Untuk lebih lengkapnya telah terlampir di jurnal kegiatan prakerin.

            Keterangan Uraian Kegiatan
·         Cleaning, merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap hari agar area selalu bersih dan enak untuk dilihat
·         Update price card, merupakan kegiatan mengganti kartu harga setiap hari, karena harga bisa berubah kapan saja
·         Memasang price card, merupakan kegiatan memasang kartu harga pada rell card. Adapun memasang price card harus sesuai dengan type barang, agar menghindari terjadinya kesalahan
·         Update “HEMAT”,  merupakan kegiatan menghitung hemat dari harga normal di kurang harga promo, dengan di tulis di kertas berbentuk bintang untuk menarik minat konsumen.
·         Update cicilan, adalah kegiatan menghitung cicilan perbulan. Pada departement elektronik di Hypermart melayani pula cicilan kredit dengan sistem 6 kali cicilan dan tidak memiliki bunga dari cicilan tersebut. Adapun cara menghitungnya adalah harga jual dibagi 6.
·         Melayani pelanggan, merupakan kegiatan menawarkan produk kepada pelanggan dan menjelaskan detail barang beserta fitur unggulan serta menjelaskan kartu garansi.
·         Mendisplay barang, adalah kegiatan meletakkan barang yang baru datang atau kosong di area. Misalnya mendisplay barang pajangan di bagian small appliance.
·         Pushing out, adalah kegiatan mengeluarkan barang yang ada dibagian belakang ke depan untuk mengisi kekosongan di display barang. Gunanya agar terlihat rapi dan tidak kosong.
·         Refill barang, merupakan kegiatan mengambil barang yang kosong dari gudang untuk di display kembali di area agar tidak terlihat kosong.
·         Membuat barcode, adalah kegiatan memasang barcode di barang agar pada saat pelanggan bertransaksi di kassa, kita tidak perlu repot lagi.
·         Menyalakan display televisi, yaitu kegiatan menyalakan display televisi yang ada di area, 30 menit sebelum opening.

B.                Display Produk
Display produk yaitu penataan suatu produk di area dengan rapi serta sekreatif mungkin. Display produk berdasarkan kategori, seperti di departemen produce display dilakukan berdasarkan space area yang tersedia.
             C.                 Customer Service
Untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berbelanja pendisplayan produk di area harus sesuai dengan planogram yang telah ditentukan oleh perusahaan. Jadi mempermudah pelanggan untuk mengambil barang.
             D.                Stock OpName
Stock Opname adalah salah satu cara untuk mengetahui nilai kerugian atau kehilangan (shrinkage). Kegiatan Stock Opname terdiri dari:
Pengawas (Divisi  Manager)
Tugasnya: Bertanggung jawab dengan hasil stock op name rugi atau untungnya.
                                                                                            Penginput
Tugasnya: Menginput semua barang yang ada di hypermart dengan menggunakan alat PDET (Processing Data Entry Terminal).
Penghitung
Tugasnya: Menghitung semua barang secara manual.
Control Desk (Team Independen) dari kantor pusat                                                                  Tugasnya: Memastikan dan men-check apakah pelaksanaan Stock  Opname sudah sesuai standard yang ditetapkan perusahaan atau belum, Serta memberikan hasil dari stock opname apakah toko tersebut rugi atau untung.

3.3              Manfaat yang dirasakan
Dengan dilaksanakannya PRAKERIN  bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak penulis ketahui dan penulis sedikit memahami seluk beluk dunia usaha. Banyak pelajaran yang penulis dapatkan di dunia usaha. Dan banyak manfaat yang di rasakan selama melaksnakan praktek kerja industri di PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk. Antara lain:
1.      Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja industri dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya  akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2.      Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreaktifitas, motivasi kerja, kerja sama, tingkah laku, emosi, dan etika siswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung pada bidang yang ditekuni sehingga dapat membandingkan antara teori yang dipelajari selama disekolah dengan praktek dilapangan.
3.      Bisa lebih mengenal berbagai layanan yang terdapat di PT MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk.
4.      Belajar untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik.
5.      Dapat menngetahui bagaimanacara yang baik dalam melayani publik



BAB IV
PENUTUP


4.1.      Kesimpulan
     Kegiatan PRAKERIN sangat berpengaruh bagi siswa dan siswi karena disamping untuk memenuhi persyaratan untuk dapat mengikuti UN, juga siswa dan siswi dapat mengetahui dan mempelajari secara langsung bagaimana dunia pekerjaan dibidang pemasaran.

4.2.           Kritik dan Saran

-        Kritik untuk Sekolah
a.       Jarangnya guru pembimbing menjenguk siswa Prakerin. Hal ini membuat beberapa orang siswa merasa tidak diperhatikan oleh guru pembimbingnya tersebut
-        Kritik untuk Instansi
a.       Ketidak merataan respon pada siswa Prakerin. Yaitu adanya karyawan yang ramah dan senantiasa tersenyum pada siswa prakerin. Dan ada juga yang bersifat acuh / tidak perduli akan keberadaan siswa prakerin.
-        Saran untuk siswa
a.       Siswa harus mampu bekerja dan berfikir cepat dalam melakukan berbagai hal 
b.      Siswa harus berdisiplin dan menjaga sikap baiknya
c.       Mampu memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang baik dari hasil prakerin

-        Saran untuk sekolah
a.       Sekolah memantau siswa sekurang-kurangnya dua kali selama  satu bulan
b.      Terus melakukan kerjasama dengan Hypermart
c.       Semoga rekan-rekan yang menggantikan kami di tahun depan bisa lebih baik

-        Saran untuk instansi
a.       Semoga Hypermart tetap bisa menyediakan tempat untuk siswa-siswi SMK yang akan melaksanakan prakerin di masa yang akan datang
b.      Lebih meningkatkan kesejahtraan karyawan
c.       Menjadi yang terbaik
d.      Penyusun  berharap agar karyawan / karyawati dapat lebih membantu dalam membimbing siswa prakerin
e.      Bagi seluruh karyawan dan karyawati, penyusun berharap untuk lebih meningkatkan komunikasi yang baik dalam bekerja antara karyawan.


4.3.            Lampiran – lampiran
Memasang price card

Membuat nota pembelian barang

Mendisplay barang
Membuat nota pembelian barang

 
































Memasang discount bintang (HEMAT)
Memasang Shelf-talker
 













                                                                                                       
Melayani kostumer
 

1 komentar: