.IDENTITAS SISWA PRAKERIN
Nama Siswa : NADIA SAPUTRI
NIS : XXXX
Program Keahlian : Pemasaran
Tempat / Tanggal Lahir :
lamat Tinggal :
Tempat Prakerin :
Tanggal Mulai Prakerin :
Penempatan :
Tanggal Selesai Prakerin :
Makassar, ....
Siswa
(NADIA SAPUTRI)
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI
Nama Perusahaan :
Jenis Usaha : Perusahaan Ritel
Alamat :
Nomor Telpon/Fax :
-
Nama Direktur :
Nama Staf : 1.
2.
LEMBAR PENGESAHAN
Lembar Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) ini disusun guna memenuhi
salah satu syarat Uji Kompetensi Kejuruan dan Ujian Nasional di SMK NEGERI 1 MAKASSAR yang di laksanakan pada
semester III/IV, tahun ajaran 2019 – 2020 pada tanggal ..........................
s/d ..................... Prakerin tersebut dilaksanakan di ....................................
Kepala
Instansi DU/DI Penyusun
...................................... NADIA SAPUTRI
Ketua
Prog Kompetensi BDP
Pembimbing
....................................... ......................................................
Kepala Sekolah
..................................................
NIP.
LEMBAR PERSETUJUAN
HASIL LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 MAKASSAR
TIM PENGUJI :
Wakasek Hubinmas :
Ketua Program Studi :
Guru Pembimbing :
MENGETAHUI
KEPALA SMK NEGERI 1 MAKASSAR
....................................
DAFTAR
ISI
IDENTITAS
SISWA PRAKERIN........................................................................................................
1
IDENTITAS
DUNIA USAHA/DUNIA
INDUSTRI............................................................................
2
LEMBAR
PENGESAHAN...................................................................................................................
3
LEMBAR
PERSETUJUAN..................................................................................................................
4
DAFTAR
ISI.........................................................................................................................................
5
KATA
PENGANTAR...........................................................................................................................
6
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang............................................................................................................
7
1.2 Tujuan.........................................................................................................................
7
1.3 Kerangka
Laporan.......................................................................................................
8
BAB
II : PELAKSANAAN KERJA
2.1 Struktur
Organisasi Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas.........................................
10
2.2 Bidang
Pekerjaan........................................................................................................
11
2.3 Pemgelompokkan
Departement..................................................................................
11
BAB
III : PROSES KERJA YANG DILAKSANAKAN
3.1 Pembahasan................................................................................................................
14
3.2 Proses
Kerja Yang Dilaksanakan...............................................................................
14
3.3 Manfaat
Yang Dirasakan............................................................................................
16
BAB
IV : PENUTUP
4.1 Kesimpulan.................................................................................................................
17
4.2 Kritik
Dan Saran.........................................................................................................
17
4.3 Lampiran
– Lampiran.................................................................................................
18
Terlebih
dahulu penulis memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah
memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
ini, walaupun penulis menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini banyak
mendapat hambatan dan kesulitan, namun dengan kesabaran dan kerja keras
tanpa putus asa Alhamdulillah laporan ini dapat tersusun.
Dalam
menyusun laporan ini penulis sangat banyak mendapat bantuan dari pihak lain dan
penulis menyadari tanpa adanya dukungan dari pihak lain laporan ini tidak
mungkin dapat tersusun. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada semua pihak
yang telah membantu
dalam pembuatan dan penyusunan laopran Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.
Akhiranya dengan bantuan dan dorongannya penulis dapat menyelsaikan laporan
ini, sehingga dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.
Penulis
NADIA SAPUTRI
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Praktek Kerja Industri yang
lebih dikenal dengan istilah PRAKERIN merupakan salah satu syarat untuk
mengikuti UN ( Ujian Nasional ) serta Uji Kompetensi yang dilaksanakan pada
setiap SMK di akhir tahun pembelajaran. Dengan dilaksanakannya PRAKERIN maka
siswa dapat mempraktikan apa yang selama ini didapatkannya di sekolah dan
siswa dapat menunjukan keterampilannya di dunia kerja.
SMK NEGERI 1 MAKASSAR mempunyai visi dan misi yang bertujuan untuk
menyediakan tenaga kerja yang siap kerja, terampil dan inovatif dalam segala
bidang pekerjaan. Dengan diadakannya PRAKERIN siswa dapat memahami secara jelas
dan langsung aktivitas dunia usaha sehingga mampu mengimplementasikannya dalam
melakukan suatu usaha ketika sudah lulus sekolah nanti dan mampu
mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya dalam kehidupan sehari-hari.
PRAKERIN juga dapat
meminimalisir jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahunnya
selalu meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Dari
pelaksanaan PRAKERIN siswa mampu mengambil pengalaman yang berharga dalam dunia
usaha dan mampu bersaing nantinya.
1.2. Tujuan
dilaksanaknnya Praktik kerja Industri
a. Untuk
memenuhi syarat mengikuti UN tahun ajaran ;
b. Untuk
memenuhi syarat mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan ;
c. Memahami
karakteristik suatu perusahaan/dunia industri;
d.
Mengenal dan memahami perusahaan/dunia industri dengan segala bentuk dan
kegiatannya;
e. Melatih
kemandirian bagi siswa;
f. Menumbuhkan
semangat jiwa wiraswasta bagi siswa;
g.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan program
keahliannya dan
tuntutan dunia usaha / industri;
h.
Melatih dan meningkatkan etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia usaha /
industri;
i. Mengurangi
kesenjangan dan ketidaksesuaian pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkaan
di dunia usaha atau industri;
j. Meningkatkan
efisiensi dan efektifitas dalam proses pendidikan dan pelatihan siswa guna
menghasilkan lulusan profesional;
k.
Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses
pendidikan.
1.3. Kerangka Laporan
Pada bagian ini penulis akan menyampaikan
kerangka laporan ini guna memudahkan pembaca
untuk menemukan halaman yang ingin dibaca, yaitu sebagai berikut :
BAB I
PENDAHULUAN
Pada bagian ini,
penulis menyampaikan mengenai latar belakang tujuan dilaksanakannya PRAKERIN,
dan kerangka laporan.
BAB II
PELAKSANAAN KERJA
PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk. HYPERMART CITIMALL KUALA KAPUAS
Pada bagian ini,
merupakan isi pembahasan berupa waktu dan tempat pelaksanaan PRAKERIN, sejarah
singkat Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas, visi dan misi Hypermart, struktur
organisasi, bidang pekerjaan, dan pengelompokkan departement.
BAB III
PROSES KERJA YANG
DILAKSANAKAN
Pada bagian ini,
penulis akan menjelaskan pembahasan 4P’s
( Product, Price, Place, Promotion), proses kerja yang dilaksanakan, dan
manfaat yang dirasakan.
BAB IV
PENUTUP
Merupakan bagian
akhir dari laporan, penulis akan memberikan kesimpulan, kritik dan saran, dan
lampiran-lampiran.
BAB
II
PELAKSANAAN
KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk
HYPERMART
CITIMALL KUALA KAPUAS
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Industri dilaksanakan mulai :
Tanggal
: ....................... s/d
Tempat
: Hypermart CitiMall Kuala Kapuas,
Jalan Trans Kalimantan, Selat Dalam,
Kecamatan Selat, Kabupaten Kuala
Kapuas,
Kalimantan Tengah 73516
Posisi : Departemen Elektronik
- Sejarah
Singkat Dan Perkembangan Perusahaan
Hypermart CitiMall Kuala
Kapuas yang di resmikan sekaligus dilaksanakannya pemotongan pita oleh Wakil
Bupati Kuala Kapuas Ir. H. Muhajirin M.P serta Grand Opening pada tanggal 21
Januari 2016. Beralamat di Jalan Trans
Kalimantan, Selat Dalam, Kec.Selat, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.
Merupakan salah satu dari ratusan (Kurang Lebih 110 toko) toko Hypermart yang
tersebar diseluruh Indonesia. Hypermart CitiMall Kuala Kapuas memiliki luas
bangunan seluas 4.800 meter persegi dan memiliki kurang lebih 70 orang karyawan
yang diambil dari Putra Putri terbaik di Kabupaten Kuala Kapuas dan telah
melalui proses pendidikan terlebih dahulu di Banjarmasin dan di Jakarta.
- Visi
dan Misi
a. Visi
1. Menjadi
retailer multi format nomor 1 di Indonesia
b. Misi
1. Mengubah
matahari food business menjadi peritel kelas dunia dengan berbagai format yang
menghasilkan lebih baik dari pasar penjualan dan pertumbuhan keuntungan terus
menerus
c. Nilai-nilai
yang dianut
1. Selalu
memperbaiki pelayanan kepada pelanggan dan rekan kerja
2. Menciptakan
dan mengembangkan lingkungan kerja yang bebas dari saling menyalahkan
3. Jujur
dan loyal dalam segala hal yang dikerjakan selalu berusaha melakukan perbaikan
di semua tingkatan
4. Selalu
berusaha untuk terus belajar dan belajar satu sama lain
5. Dan
diatas segalanya perusahaan mengagungkan Tuhan
Itulah mengenai sejarah singkat, visi misi
serta nilai-nilai yang dianut oleh PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
2.1. STRUKTUR
ORGANISASI HYPERMART CitiMALL KUALA KAPUAS
2.2. BIDANG
PEKERJAAN
Bidang pekerjaan yang
ada di Hypermart CitiMall terdiri dari beberapa macam, setiap orang yang berada
di setiap bidang pekerjaan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab masing-masing.
Berikut ini adalah bidang pekerjaan secara garis besar :
1. Store
General Manager atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘S01’ adalah manager
toko secara keseluruhan dan menempati
kedudukan yang mempunya peran penting di toko. S01 mempunyai kewajban-kewajiban
dan hak-hak tertentu yang harus dijalankan dengan baik demi mencapai apa yang
diharapkan toko. Selain itu, S01 juga harus memberikan motivasi kepada
bawahannya agar mereka mempunyai semangat kerja yang optimal sehingga pekerjaan
bisa diselesaikan dengan cepat dan tuntas.
2. Divisi
manager yaitu manager yang menempati kedudukan kedua setelah S01. Tidak jauh
berbeda divisi manager pun mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus
dilaksanakan. Divisi manager di Hypermart terdiri dari dua orang yaitu divisi
manager GMS dan Fresh.
3. Departement
manager yaitu manager yang memiliki kedudukan kedua setelah divisi manager.
Deperartement manager bertanggungjawab atas departementnya masing-masing.
4. Team
leader yaitu ketua dari beberapa staff dari department tertentu. Pada umumnya
team leader terdiri dari satu sampai dua orang. Tugas team leader adalah
menggerakan bawahan-bawahannya (staff) dalam rangka menyelesaikan suatu
pekerjaan.
5. Staff
adalah karyawan yang melakukan pekerjaan di area secara langsung atas bimbingan
dari team leader dan department manager.
6. SPG
(Sales Promotional Girl) dan SPM (Sales Promotional Man) adalah sales
produk-produk tertentu atau orang-orang tertentu yang kerjanya difokuskan pada
suatu produk agar produk tersebut bisa terjual sesuai dengan yang diharapkan.
Contoh SPG atau SPM yaitu SPG Ando, SPG Homyped dan lain-lain.
Bidang pekerjaan yang dilakukan
oleh Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas beraneka ragam diantaranya sebagai
berikut;
a. Divisi Groceries yang terdiri department
food and drink, HBC (Health Beauty Care)
b. Divisi nonfood yang terdiri dari
department Bazaar, softline, dan Elektronik.
c. Divisi Fresh yang terdiri dari
Departement Produce, Meat and Sea Food, Dairy Frozen dan Bakery.
d. Divisi Supporting yang terdiri dari
Departement EDP (Entry Data Processing), Visual Merchandising (VM), Receiving,
Cashier, CSO (Customer Service Office), Finance & Accounting, Administrasi
Personalia, Maintenance dan Loss Prevention.
2.3. Pengelompokan
Departement
Yaitu
barang-barang yang termasuk kedalam kelompok makanan dan minuman seperti
beras, susu, snack, kopi dan sebagainya .
Yaitu
barang-barang yang termasuk kedalam kebutuhan sehari-hari tetapi tidak
berbentuk makanan seperti sabun, baby diapers, pewangi dan sebagainya.
Departemen elektronik merupakan salah satu bagian dari
departemen ELBASO (ELektronik, Bazaar, SOftline) yang khusus melayani segala macam barang
elektronik. Barang-barang yang ditawarkan berupa handphone, TV, AC, kipas
angin, lemari, dan lain sebagainya.. Departemen Elektronik juga menyediakan
layanan home delivery ( barang diantar langsung kerumah ) tanpa berbayar
ataupun berbayar ( tergantung jarak rumah costumer). Biasanya, untuk barang
yang besar seperti lemari es selalu diberikan nota jika kostumer ingin
pelayanan home delivery
sebagai tanda bukti. Didalam departement elektonik, ada tiga penggolongan
barang, yaitu :
·
Big
Appliance = Kulkas, mesin cuci, AC, vacuum cleaner, dsb.
·
Small
Appliance = Rice cooker, kompor, blender, kipas angin, dsb.
·
Audio
& Video = LED TV, DVD / CD.
Bazaar
merupakan barang-barang perlengkapan rumah tangga,perlengkapan olahraga,hiburan
dan sebagainya. Bazaar dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu sebagai
berikut :
· Berdasarkan
rasanya yaitu roti manis, roti tawar dan roti asin. Roti tawar pun terbagi lagi
menjadi beberapa macam seperti roti tawar kupas,marble toast, pandan toast dan
lain-lain.
Adapun RTE ( Ready To Eat), yaitu
counter yang menyediakan makanan siap saji seperti bakso, mie goreng, nasi
goreng, jus, kopi hangat dan lain-lain.
d. Dairy and Frozen
Dairy
adalah bahan makanan yang berbasis susu, jus, cream, butter, dan yogurt. Bahan
– bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan makanan atau campuran minuman
karena rasanya yang gurih akan membuat suatu sajian lebih bernilai. Sedangkan
Frozen adalah counter yang menawarkan produk-produk beku. Bisa dikenal sebagai
Frozen Island yang berupa box pendingin besar memanjang.
BAB III
PROSES KERJA YANG DILAKSANAKAN
3.1. Pembahasan
Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran,
perusahaan seperti Hypermart mengkombinasikan empat variabel yang sangat
mendukung didalam menetukan strategi pemasaran, kombinasi keempat variabel itu
dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix) yang
terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi
(promotion).
1. Product (Produk)
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa)
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa)
2. Price (Harga)
Harga adalah, Jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Setelah produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.
Harga adalah, Jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Setelah produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.
3. Place (Tempat)
Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Saluran distribusi adalah, Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai
Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Saluran distribusi adalah, Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai
4. Promotion (Promosi)
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Berdasarkan
teori-teori di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah suatu
kelompok komponen pemasaran yang terdiri dari 4P: product, price, place dan promotion yang
saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan
kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.
3.2. Proses
Kerja yang Dilaksanakan
1. Departement Elektronik
2. Tujuan Pekerjaan
Melakukan aktifitas kerja terkait dengan promosi
barang elektronik,
pengecekan barang, dan lain sebagainya.
3. Kompetensi Teknis di
Departement Elektronik
Kompetensi teknis di
department Elektronik mencakup kemampuan untuk mengenali jenis elektronik, cara
pengoperasian, dan bagaimana menghadapi segala pertanyaan kostumer mengenai
produk elektronik yang dijual.
4. Shedule Elektronik
Pengaturan Shifting
Jam kerja departemen Elektronik di bagi
menjadi 2 shift, yaitu;
1. Shift
Pagi : 07.00 – 15.00
2. Shift
Middle : 11.00 – 19.00
3.
Shift Siang : 14.00 – 22.00
A. Pengenalan Departement Elektronik
Departement Elektronik yaitu :
a).
Elektronik
Departemen elektronik
merupakan salah satu bagian dari departemen ELBASO (ELektronik, Bazaar,
SOftline) yang khusus melayani segala
macam barang elektronik. Barang-barang yang ditawarkan berupa handphone, TV,
AC, kipas angin, lemari, dan lain sebagainya.. Departemen Elektronik juga
menyediakan layanan home delivery ( barang diantar langsung kerumah ) tanpa
berbayar ataupun berbayar ( tergantung jarak rumah costumer). Biasanya, untuk
barang yang besar seperti lemari es selalu diberikan nota jika kostumer ingin
pelayanan home delivery
sebagai tanda bukti.
Uraian Kegiatan Rutin Selama Prakerin
Kegiatan berikut
merupakan kegiatan rutin dalam departement elektronik yang dikerjakan di
Hypermart CitiMall Kuala Kapuas.
·
Cleaning
( Merawat barang )
·
Update
price card
·
Memasang price card
·
Update
hemat
·
Update
cicilan
·
Melayani
pelanggan
·
Mendisplay
barang
·
Pushing
out
·
Refill
·
Membuat
barcode
·
Menyalakan
display televisi
Kegiatan
diatas merupakan kegiatan rutin yang dikerjakan selama prakerin di departement
elektronik Hypermart CitiMALL Kuala Kapuas. Untuk lebih lengkapnya telah
terlampir di jurnal kegiatan prakerin.
Keterangan Uraian Kegiatan
·
Cleaning, merupakan kegiatan yang harus dilakukan
setiap hari agar area selalu bersih dan enak untuk dilihat
·
Update price card, merupakan kegiatan mengganti
kartu harga setiap hari, karena harga bisa berubah kapan saja
·
Memasang price card, merupakan kegiatan memasang
kartu harga pada rell card. Adapun memasang price card harus sesuai dengan type
barang, agar menghindari terjadinya kesalahan
·
Update “HEMAT”,
merupakan kegiatan menghitung hemat dari harga normal di kurang harga
promo, dengan di tulis di kertas berbentuk bintang untuk menarik minat
konsumen.
·
Update cicilan, adalah kegiatan menghitung cicilan
perbulan. Pada departement elektronik di Hypermart melayani pula cicilan kredit
dengan sistem 6 kali cicilan dan tidak memiliki bunga dari cicilan tersebut.
Adapun cara menghitungnya adalah harga jual dibagi 6.
·
Melayani pelanggan, merupakan kegiatan menawarkan
produk kepada pelanggan dan menjelaskan detail barang beserta fitur unggulan
serta menjelaskan kartu garansi.
·
Mendisplay barang, adalah kegiatan meletakkan barang
yang baru datang atau kosong di area. Misalnya mendisplay barang pajangan di
bagian small appliance.
·
Pushing out, adalah kegiatan mengeluarkan barang
yang ada dibagian belakang ke depan untuk mengisi kekosongan di display barang.
Gunanya agar terlihat rapi dan tidak kosong.
·
Refill barang, merupakan kegiatan mengambil barang
yang kosong dari gudang untuk di display kembali di area agar tidak terlihat
kosong.
·
Membuat barcode, adalah kegiatan memasang barcode di
barang agar pada saat pelanggan bertransaksi di kassa, kita tidak perlu repot
lagi.
·
Menyalakan display televisi, yaitu kegiatan
menyalakan display televisi yang ada di area, 30 menit sebelum opening.
B. Display
Produk
Display produk yaitu
penataan suatu produk di area dengan rapi serta sekreatif mungkin. Display
produk berdasarkan kategori, seperti di departemen produce display dilakukan
berdasarkan space area yang tersedia.
C. Customer
Service
Untuk memberikan kenyamanan
pelanggan saat berbelanja pendisplayan produk di area harus sesuai dengan
planogram yang telah ditentukan oleh perusahaan. Jadi mempermudah pelanggan
untuk mengambil barang.
D. Stock
OpName
Stock Opname adalah salah satu cara untuk
mengetahui nilai kerugian atau kehilangan (shrinkage). Kegiatan Stock Opname
terdiri dari:
Pengawas (Divisi Manager)
Tugasnya: Bertanggung jawab dengan hasil
stock op name rugi atau untungnya.
Penginput
Tugasnya: Menginput semua barang yang ada di
hypermart dengan menggunakan alat PDET (Processing Data Entry Terminal).
Penghitung
Tugasnya: Menghitung semua barang secara
manual.
Control Desk (Team Independen) dari kantor pusat
Tugasnya:
Memastikan dan men-check apakah pelaksanaan Stock Opname sudah
sesuai standard yang ditetapkan perusahaan atau belum, Serta memberikan hasil
dari stock opname apakah toko tersebut rugi atau untung.
3.3 Manfaat
yang dirasakan
Dengan dilaksanakannya
PRAKERIN bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak penulis ketahui dan
penulis sedikit memahami seluk beluk dunia usaha. Banyak pelajaran yang penulis
dapatkan di dunia usaha. Dan banyak manfaat yang di rasakan selama melaksnakan
praktek kerja industri di PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk. Antara lain:
1. Keahlian
professional yang diperoleh dari praktek kerja industri dapat meningkatkan rasa
percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian
professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2. Melatih
disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreaktifitas, motivasi kerja, kerja sama,
tingkah laku, emosi, dan etika siswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung
pada bidang yang ditekuni sehingga dapat membandingkan antara teori yang
dipelajari selama disekolah dengan praktek dilapangan.
3. Bisa lebih
mengenal berbagai layanan yang terdapat di PT MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk.
4. Belajar
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik.
5. Dapat
menngetahui bagaimanacara yang baik dalam melayani publik
BAB
IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Kegiatan PRAKERIN
sangat berpengaruh bagi siswa dan siswi karena disamping untuk memenuhi persyaratan
untuk dapat mengikuti UN, juga siswa dan siswi dapat mengetahui dan mempelajari
secara langsung bagaimana dunia pekerjaan dibidang pemasaran.
4.2. Kritik dan Saran
- Kritik untuk Sekolah
a. Jarangnya guru pembimbing menjenguk
siswa Prakerin. Hal ini membuat beberapa orang siswa merasa tidak diperhatikan
oleh guru pembimbingnya tersebut
- Kritik untuk Instansi
a. Ketidak merataan respon pada siswa
Prakerin. Yaitu adanya karyawan yang ramah dan senantiasa tersenyum pada siswa
prakerin. Dan ada juga yang bersifat acuh / tidak perduli akan keberadaan siswa
prakerin.
- Saran
untuk siswa
a. Siswa
harus mampu bekerja dan berfikir cepat dalam melakukan berbagai hal
b. Siswa
harus berdisiplin dan menjaga sikap baiknya
c. Mampu
memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang baik dari hasil prakerin
- Saran
untuk sekolah
a. Sekolah
memantau siswa sekurang-kurangnya dua kali selama satu bulan
b. Terus
melakukan kerjasama dengan Hypermart
c. Semoga
rekan-rekan yang menggantikan kami di tahun depan bisa lebih baik
- Saran
untuk instansi
a. Semoga
Hypermart tetap bisa menyediakan tempat untuk siswa-siswi SMK yang akan
melaksanakan prakerin di masa yang akan datang
b. Lebih
meningkatkan kesejahtraan karyawan
c. Menjadi
yang terbaik
d.
Penyusun berharap agar karyawan /
karyawati dapat lebih membantu dalam membimbing siswa prakerin
e.
Bagi seluruh karyawan dan karyawati, penyusun berharap untuk lebih
meningkatkan komunikasi yang baik dalam bekerja antara karyawan.
4.3. Lampiran
– lampiran
Memasang price card
|
Membuat nota pembelian
barang
|
Mendisplay barang
|
Membuat nota pembelian
barang
|
Memasang discount bintang
(HEMAT)
|
Memasang Shelf-talker
|
Melayani kostumer
|
keren banget
BalasHapus