Minggu, 26 Februari 2023

Teknik dan Media Promosi

 

Teknik Promosi

 

Promosi merupakan salah satu rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang dalam bentuk komunikasi dengan pelanggan. Promosi adalah suatu arus informasi atau bujukan yang dilakukan untuk mengarahkan orang-orang agar dapat mewujudkan pertukaran penjualan.

Tujuan dari promosi adalah meningkatkan penjualan, sedangkan secara spesifiknya menurut Griffin dan Elbert (2007) dalam Rismi somad (2014) :

1.   Mengkomunikasikan informasi ( Communicate Information)

Informasi tersebut melalui tulisan (majalah, surat kabar), lisan (orang, telpon), visual (TV atau billboard).

2.   Posisioning Produk ( Position Product ).

Posisioning merupakan proses menetapkan identitas citra produk yang mudah dipahami dalam benak pelanggan.

3.   Nilai tambah ( Add Value ).

Bauran Promosi dirancang untuk mengkomunikasikan produk kepada pelanggan agar memiliki keuntungan nilai tambah.


 

4.   Mengkontrol Volume Penjualan ( Control Sales Volume ).

Promosi dengan periode yang lambat akan mengkontrol organisasi bisnis agar mampu menjaga sitem produksi dan distribusi .

 

Bentuk-bentuk promosi yang bisa digunakan antara lain :

a.   Personal Selling (Penjualan Langsung)

Penjualan langsung komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian mencoba dan membelinya.

 

Tujuan Penjualan tatap muka

Perusahaan biasanya menetapkan tujuan yang berbeda beda pada penjualan tatap muka yang dimilikinya. Sedangkan menurut philip kotler tujan dari penjualan tatap muka :

 

Keuntungan dari penjualan personal adalah:

1.    Memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antar pembeli dan penjual.

2.    Penjual dapat menyesuaikan penyajiannya dengan kebutuhan konsumen.

3.    Penjual mengenal dan dikenal oleh pelangganya; penjual dapat bernegosiasi secara langsung dalam hal harga, pengiriman, dan diskon.

4.     Penjual mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

5.     Penjual mengetahui dan diketahui oleh pelanggan.

 

 b.   Periklanan ( advertising )

Periklanan /Advertensi adalah suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal.

Tujuan advertensi secara keseluruhan mempengaruhi tingkat penjualan agar keuntungan perusahaan meningkat.


Ada beberapa factor yang perlu diperhatikan dalam memilih media advertensi, yakni sebagai berikut :

·      Reputasi media

Seberapa jauh suatu media dipercaya oleh kelompok pembaca yang menjadi sasaran informasi.

·      Prestise media

Masalah prestise sering kali menjadi pertimbangan bagi sekelompok masyarakat untuk menikmati suatu media tertentu. Surat kabar tertentu umpamanya, dianggap akan meningkatkan gengsi bagi orang-orang yang membacanya.

·      Isi media

Penempatan isi media dengan menggunakan media yang tepat sangat penting. Majalah yang mengkhususkan diri pada berita flora dan fauna misalnya, akan sesuai untuk iklan yang berbau flora dan fauna.

 Fungsi Advertensi

Fungsi advertensi dalam pemasaran, yakni :

·      Sebagai pemberi informasi untuk memperkenalkan produk baru ke pasar.

·      Untuk membantu ekspansi atau perluasan pasar

·      Untuk menunjang program personal selling

·      Untuk membentuk nama baik (goodwill) perusahaan

 

Bentuk-bentuk advertising yang sering digunakan antara lain :

b.    Papan reklame

Didirikan dipinggir jalan di tempat strategis sehingga jelas dipandang, papan reklame ini dimanfaatkan pula sebagai sarana hiasan kota dengan menggunakan warna-warni lampu penerangan. Dapat dipasang rendah atau dipasang tinggi di gedung bertingkat tinggi.

c.    Poster yaitu berupa tulisan singkat tentang apa yang dipromosikan di atas kertas atau kain. Gambarnya agak mencolok.


  

d.    Katalog ini buat di atas kertas dengan desain menarik, berisi keterangan dengan gambar disertai foto dan daftar harga barang yang ditawarkan, biasanya berupa buku.

e.    Folder, ini dibuat dalam bentuk kertas yang dilipat-lipat sehingga menarik, kecil mungil, dihiasi tulisan, gambar dan foto.

f.     Spanduk, ini merupakan bahan yang umumnya dibuat dari kain yang ditulis, kadang-kadang diberi gambar. Di pasang atau direntangkan di jalan-jalan atau di depan gedung / bangunan tertentu.

g.    Slide, ini merupakan bahan yang diproyeksikan di dalam bioskop sehingga menjadi bahan iklan yang ditayangkan disebuah pemutaran film.

h.    Iklan, adalah sejenis reklame yang dipasang di media cetak seperti surat kabar, majalah atau media elektronik seperti radio dan televisi.

i.      Papan nama perusahaan, biasanya dipasang di tempat uasaha, agar masyarakat mengetahui kegiatan apa yang sedang berjalan di tempat tersebut. Rasa ingin tahu mereka akan menjadi daya tarik tersendiri terhadap perusahaan.

 

c.   Publisitas ( Publicity)

Pulisitas (Publicity) adalah merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang yang ditampilkan dalam media tersebut.

 

Bentuk-bentuk publisitas ada 4 macam:

§  Pure Publicity

Cara mempublikasikan diri kepada publik melalui aktivitas kemanusiaan sebagai wujud dari interaksi sosial kultural secara alami.

§  Free Publicity

Publisitas yang dilakukan seseorang secara bebas tanpa mengeluarkan uang untuk membeli media dan disiarkan tanpa adanya permintaan khusus paksaan; atau ketika media sedang meliput peristiwa lainnya.


§  Tie-in- Publicity

Dengan memanfaatkan kejadian luar biasa. Contoh dengan tampil menjadi pembicara di sebuah forum yang diselenggarakan salah satu pihak, menjadi sponsor gerakan anti narkoa, turut berpartisipasi dalam gerakan jantung sehat se Indonesia.

§  Paid Publicity

Cara mempopulerkan diri lewat pembelian rubrik atau program di media massa. Contoh : pemasangan iklan kolom, display, bloking time program di media massa.

 

d.   Promosi Penjualan (sales promotion)

Promosi penjualan (sales promotion) menurut Basu Swasta dan Irawan adalah merupakan segala kegiatan promosi selain periklanan , personal selling maupun publisitas, kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan antara lain: peragaan, pertunjukan, pameran, demontrasi dan sebagainya.

Dalam promosi penjualan dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan penjualan yang bersifat langsung dan jangka pendek, dengan mengadakan pameran, peragaan, demontrasi pertunjukan / eksebisi, contoh gratis / sample dan kemasan khusus.

 

Tujuan promosi penjualan bagi penjual :

a.    Memperkenalkan produk kepada masyarakat

b.    Menarik langganan baru

c.    Meyakinkan kuailitas produk yang ditawarkan

d.    Membina kepercayaan masyarakat

e.    Menciptakan citra (image) produk

 

 

e.   Klasifikasi Alat-alat Promosi Penjualan

Klasifikasi berdasarkan promosi perdagangan terdiri dari:

·      Point of purchase display (POP)

Pajangan ditempat pembelian yaitu suatu bentuk kegiatan pemajangan yang mengikuti suatu produk yang terdapat di tempat pembelian.

·      Trade Show (Pameran Dagang)



Suatu kegiatan perusahaan yang menjual produ atau jasa kepada industri tertentu dengan memberi ruang, mendirikan gerai (stand) dan pajangan untuk mendemontrasikan produk mereka di suatu tempat yang sudah ditentukan.

§  Push Money

Yaitu suatu bentuk tambahan bonus berupa uang yang dibayarkan ke

pengecer karena meningkatkan hasil penjualan.

§  Dealer Loaders (barang gratis)

Tawaran tambahan berupa merhandising, produk khusus gratis atau pajangan gratis yang diberikan ke pengecer bagi yang membeli dalam jumlah tertentu.

 

Klasifikasi berdasarkan Customer Promotion yang terdiri atas :

§  Sample ( contoh )

Yaitu penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa yang dikirim dari rumah ke rumah, atau diberikan lansung ke konsumen.

§  Coupons (kupon)

Yaitu suatu bentuk insentif yang digunakan untuk mendapatkan pengurangan harga yang terletak pada suatu produk untuk membeli produk tertentu.

§  Rebates ( tawaran pengembalian tunai)

Yaitu suatu bentuk pengurangan harga setelah pembelian terjadi konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen, dan produsen akan mengurangi harga yang baru ketika membeli kembali.

§  Price deals ( potongan harga)

Yaitu memberikan dalam bentuk potongan atau diskon harga dari suatu produk tertentu.

§  Premiun (hadiah)

Barang yang ditawarkan dengan biaya relative rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu, dimana hadiah tersebut bisa disertai didalam atau pada konsumen.

§  Contest ( kontes )

Yaitu suatu bentuk permainan untuk memenangkan hadiah yang diberikan kepada mereka baik pengecer maupun konsumen.


§  Hadiah loyalitas pelanggan

Hadiah berupa uang tunai atau bentuk lain yang proporsional dengan loyalitas seorang atau sekelompok pemasok.

§  Percobaan gratis

Mengundang calon pembeli untuk mencoba produk tertentu secara Cuma-Cuma dengan harapan mereka akan membeli produk itu.

§  Garansi produk

Garansi akan diberikan kepada pembeli sebagai suatu bentuk tanggungjawab perusahaan atas bekerjanya produk sesuai dengan spesifiksinya atau jika produknya gagal, penjuala akan memperbaikinya, atau mengembalikan uang pelanggan selama periode tertentu.

§  Promosi gabungan

Dua atau lebih merek atau perusahaan bekerjasama (tie-in promotion) mengeluarkan kupon, pengembalian uang dan mengadakan kontes untuk meningkatkan daya tarik mereka. Berbagai tim wiraniaga melaksanakan promosi itu ke pengecer, yang memberikan lebih baik untuk ruang pamer dan ruang iklan.

§  Promosi silang

Menggunakan suatu merek untuk mengiklankan merek yang tidak laku. Pajangan dan demontrasi yang berlangsung di tempat pembelian atau penjualan.

 

f.    Point Of Purchase (POP)

Point of Purchase adalah kegiatan untuk menampilkan produk di tempat strategis di sebuah toko dengan tujuan untuk menarik minat perhatian konsumen terhadap merek tersebut. Biasanya POP digunakan pada produk yang sedang promo. Misalnya harga promo atau diskon. POP harga produk yang didiskon ditempatkan ditempat yang tepat dan ukuran huruf yang besar sehingga akan menarik minat pembeli.


 

1.    Sponsorship

Sponsorship adalah instrumen yang semakin penting dari bauran komunikasi. Sponsorship adalah cara promosi produk pada suatu perusahaan/organisasi dengan ikut serta dalam suatu event, karena cara ini sangat efektif dilakukan banyak perusahaan untuk menciptakan dan mengangkat image suatu produk dimata konsumen. Sponsorship menunjang pihak sponsor untuk menggabungkan alat-alat promotionmix lebih efektif dan efisien. Contoh : Bank Mandiri mensponsori acara berbagi dengan aceh, Wishmilak mengadakan pertandingan Tennis international di Bali.

2.    Media Promosi

Media promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang paling tua adalah media dari mulut ke mulut. Media ini memang sangat efektif tetapi kurang efisien karena kecepatan penyampaiannya kurang bisa diukur dan diperkirakan.

·      Memperkenalkan  dan  memberikan  pemahaman  tentang  suatu  produk ( brand awareness).

·      Membujuk pelanggan untuk membeli produk (brand purchase interior)

·      Menanamkan citra produk dan perusahaan(positioning)

·      Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude)

·      Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu produk (category need)

·      Mengimbangi bauran pemasaran lain ( purchase facilitation)

 

Macam-macam Media Promosi

Media promosi adalah bentuk dan strategi yang digunakan untuk mempengaruhi individu agar terbangun keinginan untuk membeeli produk jasa yang tengah dipromosikan, Media promosi ada dua macam yaitu :

1.    Media periklanan dalam ruang ( indoor advertising). seperti : Iklan Televisi, radio, majalah, surat kabar.

2.    Media periklanan luar ruangan ( outdoor).

Seperti : Spanduk , Billboard, Banner, Spanduk, Baliho, Neon box, dll


Berdasarkan ukuranya media promosi dapat dibedakan menjadi :

a.   Media Promosi Berukuran besar :

1)  Poster

Poster adalah sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang lewat

 

2)  Billboard

Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Yang berbentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.tersebut.

b.   Media promosi Berukuran Kecil

§  Brosur

Brosur adalah media publikasi yang diterbitkan secara tidak berkala yang terdiri dari beberapa halaman yang memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, profil instansi, profil sekolah dll.

§  Pamflet

Sering juga disebut brosur, yaitu terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbita lain dan selesai dalam sekali terbit.

§  Katalog

Katalog adalah data informasi tentang produk-produk yang dijual oleh satu perusahaan atau agen pemasaran. Katalog ini bertujuan untuk memberi informasi yang cukup tentang produk tersebut. Katalog biasanya berupa buku kecil.

§  Leaflet

Jenis pamflet atau brosur yang paling populer, biasanya terdiri dari satu lembar dengan cetakan dua muka dibandingkan dengan booklet, katalog, flyer, leaflet sangat sering dijumpai.

§  Flyer

Flyer sering disebut sebagai selebaran. Bisa jadi nama ini terinspirasi dari penyebaran informasi melalui pesawat atau kendaraan yang disebarkan begitu saja di tempat umum.


 

 

 


§  Kartu nama

Biasanya kartu nama berukuran kecil kurang dari 9x6cm. Seperti namanya, kartu nama berisi perkenalan tentang seseorang . informasi berisi, nama, alamat, institusi, nomro kontak dsb.

§  Media cetak

Media cetak ialah media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan untuk menjangkau publik eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja.

§  Ben Art

Contohnya gambar McDonals yang dilukis di jalanan aspal yang dilalui banyak orang, tetapi ukira kentang yang berbentuk garis lurus itu dijadikan zebra cross. Penggunaan seni ambient art ini memancing orang-orang yang melewati zebra cross itu memikirkan McDonalds.

§  Sosial media

Jenis Media Sosial sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi informasi dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri ( self expression), dan pencitraan diri ( personal branding). Status terbaik media sosial adalah update status yang informatif dan insiratif.

Jenis media sosial :

1)   Facebook

Facebook sangat cocok dalam media pemasaran atau promosi yang baik, sebab banyak sekali para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua orang memiliki facebook dan pernah melakukan pengecekan facebook. Facebook merupakan media promosi yang tergolong murah dan masih dianggap sangat efektife.

2)   Twitter

Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Keguanaan twitter yaitu para pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal

140 karakter. Step Internet Marketing adalah suatu website yang memberi fasilitas kepada membernya untuk mengupdate kegiatannya sehari-hari.


3)   Youtube

Youtube mernurut Anwari dan Java Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib mengatakan bahwa youtube ada sebuah situs web video sharing (berbagi video) lagi diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan Jawed.

4)   Blog

Memiliki blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun besar dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki web secara resmi atau bayar maka blog merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar